Organisasi Semi Virtual Dalam Menyongsong Generasi Emas 2025

ORGANISASI SEMI VIRTUAL DALAM MENYONGSONG GENERASI EMAS 2025 “Think Globally Act Locally”

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kehadiran Forum Guru  sangat penting perannya sebagai “wadah” pemersatu guru IPS seluruh Indonesia. Kehadiran Forum Guru IPS Seluruh Indonesia (FOGIPSI) yang memiliki legalitas formal dengan sk kemenkumham  Nomor AHU-0044226.AH.01.07 tahun 2016 ditetapkan di Jakarta 11 april 2016. FOGIPSI  sebagai forum guru IPS yang telah disaksikan pengukuhannya oleh mantan Dirjen GTK kemendikbud Bapak Sumarna supranata beserta staff GTK di gedung kemendikbud pada bulan januari 2017 ini diharapkan menjadi sarana memperoleh kecepatan informasi dan komunikasi serta peningkatan profesionalisme antara sesama pengurus dan anggotanya baik pengurus pusat, pengurus wilayah maupun pengurus kota atau kabupaten. yang akan menjaga dan melestarikan budaya lokal sebagai landasan dalam menghadapi era digital, era globalisasi dan implementasi kecakapan abad 21.

Melalui FOGIPSI ini juga diharapkan para anggota dapat saling bertemu, belajar dan berbagi pengalaman tentang pembelajaran IPS di sekolah masing-masing, dengan motto “Membangun (3K): Konektifitas, Komitmen dan Kompetensi”,
Dengan visi “menjadi wadah pemersatu guru IPS seluruh Indonesia yang sinergis kompeten, komitmen, dan konektifitas tahun 2025” adapun misi FOGIPSI  yaitu Membangun jejaring guru IPS seluruh Indonesia melalui lembaga profesi tingkat pusat sampai daerah, melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi; meningkatkan kompetensi guru melalui diklat berkelanjutan berskala pusat dan daerah dan membangun komitmen atas dasar profesionalisme dan jiwa NKRI.

Fogipsi Sebagai organisasi “semi virtual “Sasaran kegiatan utama fogipsi adalah 1)  Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Training Of  Trainer (TOT),  Workshop, Seminar, 2)Membangun Network dengan forum MGMP IPS seluruh Indonesia, Dinas Pendidikan setempat, LPMP, P4TK IPS dan Direktorat teknis Kemdikbud, serta membangun konektivitas denagn luar negeri 3)Memperjuangkan Laboraturium IPS disetiap sekolah SMP/MTs untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, 4)Mengadakan kegiatan Karya Ilmiah, Karya Inovatif dan Publikasi Ilmiah dalam bentuk Buku atau Jurnal, 5) Mengadakan kegiatan peningkatan mutu pendidikan  Siswa/Guru yang kreatif, Inovatif, Inspriratif dan Kompetitif.

Tujuan berdirinya forum ini Menciptakan konektifitas seluruh guru IPS di Wilayah Indonesia, memelihara dan mengembangkan potensi – potensi yang dimiliki oleh guru, peserta didik dan masyarakat dalam menyongsong generasi emas 2025 serta menciptakan masyarakat yang sejahtera; menggalang potensi untuk memberikan kontribusi pada pembangunan baik yang bersifat Sumber Daya Manusia maupun infrastrukur dalam mengembangkan pembelajaran IPS  masing – masing daerah di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikatakan organisasi semi virtual karena dalam berdiskusi untuk saling berbagi, yamg terwujud dalam bentuk pengembangan diri,  untuk saling membangun yang kemudian memunculkan ide-ide atau gagasan yang be inspiring, be creating and be inovating yg terwujud dalam sebuah karya-karya ilmiah sebagian melalui media sosial.
Fogipsi memberikan kesempatan kepada siapapun guru untuk ikut seminar, diklat, workshop tanpa memandang jabatan. FOGIPSI pun terus tumbuh dan berkembang bersama jaringan media sosial seperti milis, facebook, blog, whatapps, telegram, Vicom, kelas maya serta messengger dan sebagainya sehingga FOGIPSI menjadi wadah guru untuk berdiskusi, berbagi dan saling menumbuhkembangkan potensi yang dimilki. Kini wadahnya semakin tak terbatas oleh ruang dan waktu, kemudian FOGIPSI lahir dimana-mana, lahir dari bawah, lahir dari hati sanubari guru-guru Indonesia. Oase yang dulu kecil itu, kini telah berubah menjadi danau yang luas bahkan mungkin sudah mulai menjadi lautan luas. Harapan pun semakin besar bahkan FOGIPSI diharapkan bisa menuntaskan dan memperjuangkan semua masalah yang dihadapi oleh guru –guru terutama di daerah 3T yang sangat kekurangan fasilitas atau sarana pra sarana mengajar.

Konseptor FOGIPSI sejak lahir menasbihkan diri sebagai organisasi profesi guru yang konsen pada peningkatan kompetensi guru dan dapat menginspirasi guru-guru lainnya untuk bergerak maju demi pendidikan serta  membangun kekuatan yang akan mengembalikan martabat dan kesejahteraan guru serta memajukan pendidikan dan peningkatan kualitas moral intelektual guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *