Tentang

SEJARAH DAN LATAR BELAKANG BERDIRINYA FOGIPSI


FOGIPSI diprakarsai oleh 9 guru dari perwakilan provinsi di Indonesia. Forum guru IPS seuruh Indonesia ini mulai terdaftar di kementrian pada tanggal 30 Maret 2016, dengan persetujuan notaris PPAT Lianty Achwas, SH dengan nomor notaris 53, tepatnya di kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah Indonesia dan mendaparkan legalitas dengan sk kemenkumham Nomor AHU-0044226.AH.01.07 tahun 2016 ditetapkan di Jakarta 11 april 2016. Visi “Menjadi Wadah Pemersatu Guru IPS Seluruh Indonesia Yang Sinergis,Konektiifitas; Komitmen dan Kompetitif” dengan misi FOGIPSI yaitu Membangun jejaring guru IPS seluruh Indonesia melalui lembaga profesi tingkat pusat sampai daerah, melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi; meningkatkan kompetensi guru melalui diklat berkelanjutan berskala pusat dan daerah dan membangun komitmen atas dasar profesionalisme dan jiwa NKRI.
Sasaran kegiatan utama fogipsi adalah 1) Menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri seperti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Training Of Trainer (TOT), Workshop, Lokakarya, Seminar, outdoor learning 2) Membangun sinergitas dengan forum ketua MGMP IPS seluruh Indonesia, Dinas Pendidikan setempat, LPMP, P4TK PKn/ IPS dan Direktorat teknis Kemdikbud, serta membangun konektivitas denagn luar negeri 3) Memperjuangkan Laboraturium IPS baik melalui virtual maupun actual disetiap sekolah SMP/MTs untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, 4)Mengadakan kegiatan Pengembangan keprofesian Berkelanjutan dalam bentuk penerbitan buku ber ISBN dan Jurnal ber ISSN baik online maupu offline, 5) Mengadakan kegiatan peningkatan mutu pendidikan Siswa/Guru yang kreatif, Inovatif, Inspriratif dan Kompetitif melalui event lomba.
Tujuan berdirinya forum ini Menciptakan konektifitas seluruh guru IPS di Wilayah Indonesia, memelihara dan mengembangkan potensi – potensi yang dimiliki oleh guru, peserta didik dan masyarakat dalam menghadapi tantangan perubahan zaman yang sangat masif serta menciptakan masyarakat yang memiliki kompetensi unggul; menggalang potensi untuk memberikan kontribusi pada dunia pendidikan baik yang bersifat Sumber Daya Manusia maupun infrastrukur dalam mengembangkan pembelajaran IPS di masing – masing daerah di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

A. Visi
“MENJADI WADAH PEMERSATU GURU IPS INDONESIA YANG SINERGIS KONEKTIFITAS, KOMITMEN DAN KOMPETITIF”

Indikator :

  1. Peningkatan guru IPS yang memiliki hubungan sosial dengan masyarakat pembelajar yang sejahtera dan berkarakter budaya secara berkesinambungan serta menjalin hubungan dengan berbagai pihak terkait, yaitu pemerintahan dari Pusat hingga ke daerah, MGMP Provisi, Kota/Kabupaten, dan lembaga-lembaga lain baik dibidang pendidikan formal maupun non formal.
  2. Guru yang memiliki komitmen dan semangat berinovasi, Kreatif, Inspiratif, dan produktif dalam meningkatkan mutu pendidikan;
  3. Guru yang memiliki Kompetensi dalam meningkatkan profesionalisme;
  4. Guru yang berjiwa kompetitif dan berjiwa sosial ke arah kemajuan pendidikan
  5. Berprestasi dalam bidang akademis maupun non akademis.

B. MISI

  1. Membangun guru IPS yang visioner di seluruh Indonesia melalui lembaga profesi tingkat pusat Sampai daerah, melalui Pelatihan keprofesian, menjalin komunikasi melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  2. Meningkatkan kualitas Pendidikan untuk menghadapi persaingan global.
  3. Meningkatkan kompetensi guru melalui diklat berkelanjutan berskala pusat, propinsi dan daerah.
  4. Mengimplementasikan life long learning.
  5. Membangun komitmen atas dasar profesionalisme dan berjiwa NKRI.

C. TUJUAN
Tujuan sebagai berikut :

  1. Menciptakan konektifitas seluruh guru IPS di Wilayah Indonesia untuk saling kenal mengenal dan kerja sama yang baik atas dasar profesi dan kompetensi yang di embannya dalam rangka membangun masyarakat pembelajar yang sejahtera dan berarakter budaya serta menjalin hubungan dengan berbagai pihak terkait yaitu pemerintahan pusat, dan daerah, MGMP IPS, lembaga Swadaya Masyarakat;
  2. Memelihara dan mengembangkan potensi – potensi yang dimiliki oleh guru, peserta didik dan masyarakat dalam menghadapi persaingan global dan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA) serta menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkarakter budaya.
  3. Menggalang potensi untuk memberikan kontribusi pada pembangunan baik yang bersifat SDM maupun infrastrukur dalam mengembangkan pembelajaran IPS masing – masing daerah di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia .

D. SASARAN
Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut, maka sasaran yang harus dicapai pada masing-masing tujuan adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri seperti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Training Of Trainer (TOT), Workshop, Lokakarya, Seminar, outdoor learning
  2. Membangun sinergitas dengan forum ketua MGMP IPS seluruh Indonesia, Dinas Pendidikan setempat, LPMP, P4TK PKn/ IPS dan Direktorat teknis Kemdikbud, serta membangun konektivitas denagn luar negeri.
  3. Memperjuangkan Laboraturium IPS baik melalui virtual maupun actual disetiap sekolah SMP/MTs untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran,
  4. Mengadakan kegiatan Pengembangan keprofesian Berkelanjutan dalam bentuk penerbitan buku ber ISBN dan Jurnal ber ISSN baik online maupu offline,
  5. Mengadakan kegiatan peningkatan mutu pendidikan Siswa/Guru yang kreatif, Inovatif, Inspriratif dan Kompetitif melalui event lomba.

E. PROGRAM KERJA

  1. Menyusun program kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek serta mengatur jadwal dan tempat kegiatan rutin;
  2. Memotivasi para guru mengikuti kegiatan pengembangan pembelajaran secara rutin;
  3. Meningkatkan mutu kompetensi profesionalisme guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengujian (evaluasi) pembelajaran di kelas.
  4. Mengembangkan program layanan supervise akademik/klinis yang berkaitan dengan pembelajaran efektif
  5. Melakukan analisis relevansi Setandar Kopetensi Lulusan/SKl dan Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar di Standar Isi, pemetaan Standar Isi, mengembangkan silabus, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, program tahunan dan program semester;
  6. Mengupayakan lokakarya, simposium dan sejenisnya atas inovasi manajemen kelas, manajemen pembelajaran efektif, hasil classroom action research, dan lain-lain;
  7. Merumuskan model, metode, strategi dan teknik pembelajaran yang variatif, kreatif, inovatif dan alat peraga/praktek pembelajaran termasuk model dan media pembelajaran yang mengintegrasikan 4C untuk life skill
  8. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan MGMP provinsi dan berkolaborasi dengan LPMP, P4TK dan sejenisnya secara kooperatif;
  9. Melaporkan hasil kegiatan kepada Pengurus Pusat;
  10. Menciptakan konektifitas seluruh guru IPS di Wilayah Indonesia untuk saling kenal mengenal dan kerja sama yang baik atas dasar profesi dan kompetensi yang diembannya dalam rangka membangun masyarakat yang berpendidikan serta menjalin hubungan dengan berbagai pihak terkait yaitu pemerintahan pusat dan daerah, MGMP IPS, lembaga- lembaga pendidikan dan non kependidikan
  11. Memelihara dan mengembangkan potensi – potensi yang dimiliki oleh guru, peserta didik dan masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Persaingan Global di era Revolusi Industri serta menciptakan masyarakat yang sejahtera.